Manfaat Kemasan Produk dalam Mempengaruhi Penjualan

Kamis, September 8th 2016. | Desain

Branding adalah salah satu cara yang efektif dalam mengenalkan kepada banyak orang tentang identitas terhadap suatu objek tertentu, jika berbicara tentang sebuah produk maka tujuannya adalah konsumen. jadi branding sebuah produk adalah cara kita mengenalkan produk kepada para calon konsumen atau target pasar. di dalam menila kualitas sebuah produk tentunya tidak hanya di lihat dari dalam, tetapi juga dari luar. packaging atau kemasan tidak bisa di pisahkan dengan branding itu sendiri, jika saat ini anda sudah mempunyai sebuah produk maka sudah seharusnya anda membuat desain kemasan yang baik untuk produk anda.

gambar di ambil dari food.detik.com

gambar di ambil dari food.detik.com

Kemasan dari sebuah produk adalah salah satu unsur yang bisa mempengaruhi tingkat penjualan atau minat konsumen terhadap sebuah produk. Ini adalah sebuah fakta, yang menjadi pertanyaan adalah, sudahkah anda membuat kemasan untuk produk anda? , tentunya ada yang sebagian sudah dan ada juga sebagian yang belum, bagi yang sudah mungkin masih bertanya apakah desain produk saya menarik?

Kebanyakan dari beberapa pengusaha yang memilki produk berfikir bahwa sebuah kualitas produk dan cara untuk memasarkan adalah faktor yang di utamakan dalam meningkatkan penjualan, di banding dengan memperhatikan kemasan produk mereka. Padahal kualitas produk, pelayanan, pemasaran serta kemasan adalah unsur yang mempengaruhi tingkat penjualan dan satu sama lain saling mendukung. Jadi, belum tentu juha jika produk dengan kualitas bagus bisa mempunyai peminat yang banyak, kecuali jika konsumen tersebut memang benar-benar butuh sehngga tidak memperdulikan kemasan tapi isi.

Dibawah ini merupakan hal yang berkaitan dengan produk kemasan:

Fungsi

Fungsi dan tujuan utama dari pengadaan kemasan produk ialah untuk dapat melindungi produk dari cacat atau goresan yang bisa membuat produk menjadi tidak utuh atau rusak. kemasan produk tidak hanya di butuhkan ketika proses distribusi produk dari tempat produksi ke distributor, tetapi kemasan juga melindungi produk ketika sedang berada di tempat jual/toko, dan pada akhirnya akan sampai kepada konsumen.

Daya Tarik

Pada umumnya banyak perusahaan pasti melakukan riset terlebih dahulu atau menyewa jasa packaging untuk menentukan desain, warna ataupun jenis kemasan yang akan menjadi kemasan dari produk yang akan di pasarkan. hal ini bertujuan untuk dapat meningkatkan jangkauan pemasaran lebih luas. jika anda sebagai pengusaha ingin produk anda banyak peminatnya maka anda bisa membuat atau menyiapkan desain packaging yang tepat untuk produk anda. karena seperti yang sudah saya sampaikah bahwa salah satu fakto yang dapat membuat produk anda terjual di pasaran ialah kemasan yang bisa menarik pelanggan untuk membeli.

Promosi

Kemasan produk juga berperan dalam memberikan informasi detail produk seperti manfaat, tagline, jenis, tanggal pembuatan dll. semua bisa di cantumkan pada kemasan agar para calon konsumen maupun konsumen tahu tentang produk yang mereka beli. tetapi jangan sampai memenuhi desain kemasan dengan tulisan. sangat jelek apabila desain penuh dengan informasi produk, dan itu bisa membuat konsumen menjadi jenuh.

Mendukung keputusan Berbelanja

Anda sebagai pemilik dari sebuah produk bisa bebasa mencantumkan informasi apa saja yang nantinya bisa membuat konsumen melakukan keputusan membeli produk tersebut, tetapi jangan berlebihan dalam memberikan informasi, sampaikan informasi yang penting serta yang mengena.

Diferensiasi

Diferensiasi adalah membedakan, sebagai contoh ada produk  a dan b di tata rapi di sebuah supermaket dan kedua produk tersebut memiliki fungsi yang sama, rasa juga bisa di katakan sama. namun karena tampilan kemasan berbeda bisa jadi konsumen akan memilih produk yang memiliki kemasan yang menarik.

tags: , , ,

Leave a Reply

Advertise